Bersikap Baiklah di Semua Tempat!

Halo pembaca setia blog David Aji,

Jadi gini ceritanya, aku beberapa waktu yang lalu mendapatkan kritikan yang pedas dari teman sekelasku. Aku dikatain orang gila, ketua kelas yang bodoh, dan bahkan dia mendoakanku agar jabatanku tidak berkah. Astaghfirullah. Padahal semua yang terjadi adalah kesalahpahaman.

Aku tidak akan menyebut namanya siapa, tapi yang jelas dia cewek. Katanya sih santri, tapi aku tidak yakin, santri kelakuannya kok seperti itu. Tapi aku ingat dengan perkataan kyaiku, “Santri iku werno-werno” yang memiliki arti bahwa santri itu sifatnya berbeda-beda.

Dan karena juga saya sedikit emosi, saya membalas umpatan dia dengan kata-kata dia dengan “santri kelakuannya kok kayak gitu, aneh.” Sumpah aku menyesal mengatakan itu, padahal sifatku juga belum baik. Tapi dia juga membalas perkataanku dengan nada yang jauh lebih tinggi dengan balasan kira-kira seperti ini:

Jangan menghina gelar santriku. Kamu tidak tahu sifatku di pondok seperti apa. Memang benar kalau di sekolah aku banyak tingkah. Tapi kalau di pondok aku adalah santri yang baik.

Kira-kira seperti itu perkataannya yang berhasil aku rekam di otakku. Ada yang sedikit janggal, berbuat baik kok hanya di satu tempat saja? Di tempat lainnya gimana? Nah ini yang aku mau bahas kali. Yang bersumber dari kejadianku beberapa waktu yang lalu dan aku beri judul “Bersikap Baiklah di Semua Tempat!”

Pembaca setia David Aji,

Kita hidup tidak hanya di satu tempat saja. Kita dikenal tidak hanya di satu tempat saja. Tapi kita dikenal di berbagai tempat. Baik itu di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah ataupun di pondok pesantren.

Dengan bersikap baik di semua tempat maka pandangan seseorang terhadap kita juga akan baik. Tidak ada perbedaan pandangan jika kita bertemu dengan kenalan kita walaupun di tempat yang berbeda atau lingkungan yang tidak sama.

Kalaupun kamu tidak bisa bersikap baik di semua tempat bahkan sebaliknya kamu bersikap jelek, janganlah kamu kaitkan dengan kepribadianmu yang baik di lain tempat. Temanmu tidak akan percaya! Percayalah!

Intinya jangan sombong jika kamu sudah bersikap baik. Orang lain tidak memerlukan itu. Orang lain hanya butuh bukti bukan kata-kata.

Mari bersikap baik di semua tempat!

David Aji,
Jember, 10 September 2017

Satu tanggapan untuk “Bersikap Baiklah di Semua Tempat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *