Soft Skill Training 2017

Soft Skill Training Gema Tirta Loka SMAN Umbulsari

Gema Tirta Loka adalah organisasi paduan suara yang bernaung di SMAN Umbulsari. Organisasi secara resmi diakui keberadaannya pada tahun 2012.

Dan pada tahun ini ada suatu acara yang bernama Soft Skill Training yang diperuntukkan semua pengurus organisasi. Tujuan utama dari acara ini adalah membangkitkan kemampuan individu maupun kelompok seperti kemampuan pola pikir yang nantinya dapat berguna untuk organisasi.

Acara ini berlangsung dua hari yaitu tanggal 9-10 Desember 2017. Hari Sabtu berlangsung dari siang sampai sore dan hari Minggu berlangsung dari pagi sampai sore.

Hari Pertama

Hari pertama dibuka dengan sambutan dengan doa yang dipimpin oleh panitia. Panitianya adalah anggota paduan suara kelas 12. Sedangkan pesertanya adalah pengurus dari kelas 11 maupun kelas 10.

Pretest Soft Skill Training

Kegiatan selanjutnya adalah pretest. Kegiatan ini berbentuk test tulis. Salah satu pertanyaan yang aku ingat adalah “Bagaimana cara bangkit dari kegagalan?” Dan aku menjawabnya dengan asal-asalan karena memang itu yang ada di pikiran aku, “Kalau mau bangkit ya tinggal bangkit. Kok repot.”

Selanjutnya adalah pengaplikasian dari pertanyaan dalam pretest. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang. Pada kali ini tugasnya adalah mencari dua sampel kartu keluarga dan membuat laporan kegiatan tersebut. Aku mendapatkan tugas sebagai penulis laporan. Katanya sih aku itu penulis. Ya aku diakui sebagai penulis kalau ada yang membutuhkanku, selebihnya tidak. Dasar teman.

Kami mengerjakan tugas itu di rumah Bu Gigik guru biologi. Lumayan jauh sih. Tapi untung ada yang menemani yaitu segelas teh. Dan di rumah inilah kami mendapatkan sampel kartu keluarga yang kedua. Sedangkan yang pertama aku tak mengenalnya.

Kami diberi waktu dua jam untuk tugas ini. Jadi jam 4 tugas ini harus selesai dan segera dikumpulkan. Dan ketika pulang ke sekolah kami berlarian mengejar waktu. Begitupun panitia pendamping kami. Semua kelompok telah mengumpulkan tugasnya. Akhirnya acara pada hari pertama ini ditutup dengan doa.

Hari Kedua

Hari kedua dimulai tepat jam 7. Sebenarnya di hari kedua ini di sekolahku ada dua acara yaitu acara dari ekskul Paduan Suara dan Paskibra. Saya ikut paduan suara saja karena saat itu kaki dan leherku masih sakit. Sebenarnya ingin ikut latian bersama SMK PGRI 3 Tanggul ini.

Paskibra SMANUM

Acara SST ini dibuka dengan senam bersama. Dan yang pasti senamnya adalah goyang yang sedang nge-trend saat ini yaitu goyang kewer-kewer.

Dan di akhir senam ini, ada beberapa poin yang disampaikan oleh Mas Wahyu Agung selaku pelatih. Beliau mengatakan bahwa setelah SST ini para peserta harus meningkatkan beberapa kemampuan yaitu:

  1. Manajemen waktu
  2. Pola pikir yang bagus
  3. Kerja tim

Untuk mencapai tiga kemampuan tersebut, peserta SST harus mempunyai tiga poin berikut.

  1. Semangat dan tekad yang kuat
  2. Percaya diri
  3. Kepintaran sosial dan emosional

Poin-poin di atas saya tancapkan di alam bawah sadar saya supaya benar-benar bisa terlaksana. Aamiin.

Kegiatan selanjutnya yaitu Job List Skill atau biasa kita sebut program kerja. Jadi, kakak-kakak dari UKM Music UNMUH Jember selaku pengisi materi menjelaskan tugas-tugas dari setiap pengurus. Cukup sederhana tugasnya jika menurut teori. Selanjutnya management skill. Kami para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan dibina lebih dalam tentang tugas setiap seksi bidang. Saya yang termasuk anggota sekbid 3 perlengkapan dan EO dibina oleh Kak Garry (entahlah bagaimana menulis namanya).

Kami menerima banyak penjelasan mengenai organisasi. Termasuk juga bagaimana mencari pihak sponsor, membuat proposal yang menarik serta beberapa permasalahan lainnya.

Dan selanjutnya ada materi tentang stratak. What? Iya stratak adalah strategi dan taktik. Dalam hal ini menjurus tentang keorganisasian.

Kegiatan yang terakhir adalah application skill dipimpin oleh Mas Wahyu. Dan menurutku, ini adalah acara puncaknya. Sulit untuk menjelaskan tugas-tugas yang diberikan pada kegiatan ini. Intinya kami diberi permasalahan sederhana dan, kami belum bisa menyelesaikannya dengan sempurna. Hukuman serta peringatan kami dapatkan. Dan, kegiatan ini berlangsung di lapangan basket dengan kondisi hujan.

Intinya kami sih mendapatkan banyak pelajaran pada SST ini. Tinggal menerapkannya pada organisasi. Acara ini ditutup dengan doa dan dilanjut dengan foto bersama Panitia.

Bonus: Foto Panitia dan Pemateri

Ifnu, Ika, dan Shobirin Atania, Shobirin, Ifnu

Satu tanggapan untuk “Soft Skill Training 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *